kategori-buku

Mengenal Kitab Riyadhus Shalihin

09 Sep 2011

kitab_riyadhus_shalihinSesungguhnya Alloh telah mengutus Rasul-Nya Muhammad dengan membawa petunjuk dan menurunkan kepadanya Al Quran pedoman hidup umat yang kekal sampai hari kiamat serta memberikan tafsir Al Quran dan yang semisalnya bersama Al Quran tersebut, sehingga Sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam baik berupa ucapan atau perbuatan adalah penjelas Al Quran dan penunjuk makna-maknanya.

Demikian juga para sahabat Rasulullah telah menghafal, mempelajari dan menulis Al Quran dan As Sunnah sedangkan Alloh telah bertanggung jawab dalam menjaga kitab-Nya yang mulia dan menjadikan orang-orang yang menjaga dan memperhatikan As Sunnah An Nabawiyah sejak masa Rosululloh sampai sekarang hingga hari kiamat nanti.

Dengan taufik dari Alloh, Sunnah Rosululloh menjadi pusat perhatian para ulama di setiap masa dan tempat sehingga sempurnalah penjagaan, taqyiid dan penulisannya dalam kitab musnad, shihah, sunan dan mu’jam-mu’jam. Di antara para ulama yang memberikan perannya dalam menjaga dan menulis As Sunnah adalah Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf an-Nawawy ad-Dimasyqy (631-676 H) yang termasuk dalam jajaran ulama besar di abad ke-7 hijriah, beliau memiliki hasil karya yang banyak lagi bermanfaat dalam pembahasan yang beraneka ragam, karya-karya beliau telah mendapatkan pujian dan sanjungan serta perhatian yang besar dari para ulama sehingga mereka mempelajari, mengambil faedah dan menukil dari karya-karya beliau tersebut.

Selengkapnya: Mengenal Kitab Riyadhus Shalihin

Adabul Mufrod

21 Nov 2010

Penulis : Imam Al-Bukhari
Halaman : 496 Halaman
Jenis Cover : Hard Cover
Ukuran : 24,5 cm

Sinopsis :

adabul-mufradRasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam diutus Allah Ta'ala kepada seluruh umat manusia untuk menyempurnakan akhalak yang mulia. Kehadirannya di tengah-tengah mereka senantiasa membawa contoh terbaik untuk diteladani. Bagi Rasulullah, bangun dan tidurnya, diam dan bicaranya, serta senyum dan marahnya, semuanya menyiratkan pelajaran mendalam yang bertabur aroma wangi kemuliaan.

Buku ini merupakan kumpulan dari ribuan hadits akhlak yang disusun oleh penulisnya sesuai dengan kesamaan tema dan sebab kejadian yang melatarbelakanginya. Di antara yang menjadi kelebihan buku ini adalah, status hadits-haditsnya telah dikoreksi dan dikomentari oleh seorang ulama yang berkompeten di bidangnya.

 


Imam Al- Bukahri - yang memiliki nama lengkap Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah bin Bardizhah, adalah seorang ulama besar di bidang hadits yang suka berkelana demi menuntut ilmu. Ia terkenal dengan kekuatan hafalan, kecerdasan, dan banyak karyanya. Lahir di Bukhara, sebuah kota tua di wilayah Khurasan pada tahun 194 H dan meninggal dunia tahun 256 H.

download-ebook

Etika Imam dan Makmum didalam Shalat

07 Okt 2010

Etika Imam dan Makmum didalam Shalat
Pengarang: Syaikh Dr. Said bin Ali bin Wahf al-Qohthoni
Penerbit: PUSTAKA IBNU UMAR
Berat: 0,6 kg

Sekilas isi buku:

Bagi mereka yang sudah mencintai shalat berjamaah, maka hendaklah mereka memperhatikan etika imam dan makmum dalam shalat berjamaah. Pembahasan ini kami ambil dari karya besar Dr. Said bin Ali bin Wahf al-Qahthani, yakni Shalaatul MukMin: Mafhuumun, wa Fadhaa-Ilu, wa Aadaabun, wa Anwaa 'un, wa Ahkaamun, wa Kaifiyyatun fii Dhau-il Kitaabi was Sunnah, dan kami terjemahkan dari Juz: pembahasan ke duapuluh lima mengenai Imamah, yakni: al-Babtsul Khaamisu wal Isyruuna: al-Imaamah fish Shalaat.

etikaimamdanmakmumdidalamshalatPengertian imam dan imaamah, keutamaan imam dalam shalat dan ilmu, meminta menjadi imam, yang paling layak untuk menjadi imam, macam-macam imaamah dalam shalat, kapan saat makmum berdiri untuk shalat berjamaah, tentang barisan (shaff) shalat dan perhatian terhadapnya, syarat-syarat dan kemestian dalam iqtidaav (mengikuti imam), adab imam dalam shalat, dan etika makmum dalam shalat.

Semoga mereka yang telah meyakini pentingnya shalat dan memahami kewajiban berjamaah, akan lebih sempurna dengan mempelajari topik-topik yang sangat penting di atas, seputar adab shalat berjama'ah, khususnya etika imam dan makmum. Beliau banyak memanfaatkan keputusan dan tarjiih (penguatan terhadap satu pendapat atau keputusan hukum) dari guru beliau, al-Imam Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimakumullah.

Dalam penshahihan hadits, beliau banyak berpedoman kepada karya-karya Syaikh al-Albani rahimakullah, di samping ulama-ulama yang lainnya. Kami berharap semoga Allah Taala menjadikan upaya ini diberkahi dan menjadi sebuah amal yang ikhlas, aamiin.

Ensiklopedi Adab Islam

03 Sep 2010
Judul asli : Mausu'atul Aadab Al Islamiyyah
Penyusun : Abdul Aziz bin Fathi as-Sayyid Nada
Penerbit : Pustaka Imam Syafii
Halaman : Jilid 1 : XVIII + 441 Lembar B/W - Jilid 2 : XVIII + 474 Lembar B/W
ISBN : 978-979-3536-86-6 / Set  - 978-979-3536-87-3 / Jilid 1 - 978-979-3536-88-0 / Jilid 2



“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al-Ahzab: 21)

ensiklopedi_adab_islam_334x448Seluruh syariat Islam, baik yang hukumnya wajib, sunnah, mustahab, maupun mubah baik yang berhubungan secara vertikal, antara hamba dengan Penciptanya, maupun secara horizontal, antar sesama hamba, berfungsi untuk menjaga hubungan baik dengan Pencipta dan dengan sesama mereka secara beradab. Apabila seorang hamba telah memberikan hak-hak dan melaksanakan kewajiban-kewajiban kepada Penciptanya dan kepada sesama hamba, berarti dia tergolong hamba yang beradab. Sebaliknya, apabila dia tidak melaksanakan hal-hal tersebut, maka dia digolongkan ke dalam golongan hamba yang tidak beradab. Semua itu telah diatur sedemikian rupa oleh syari'at Islam.

Seorang Muslim yang telah melaksanakan adab-adab tersebut sesuai dengan syari'at Islam berarti ia telah beradab dengan adab islami. Dalam hal ini, Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam adalah teladan bagi setiap Muslim dalam beradab islami. Setiap hari selama 24 jam, beliau selalu menjaga hubungan baik dengan Penciptanya dan dengan sesama hamba. Mulai dari masalah kecil keseharian, seperti tidur, mandi, makan, minum, dan lain-lain, hingga yang besar, seperti mengatur negara, berperang, berdamai, dan lain-lain mulai dari urusan ukhrawi ibadah hingga urusan duniawi. Dengan demikian, tampaklah suatu peradaban yang indah, harmonis, demokratis, tertib, rapi, manusiawi, sekaligus bersifat ilahiyah yang jauh dari kesan kekerasan, kekejaman, diskriminasi, dan kesan-kesan negatif lainnya.

Yang perlu digarisbawahi dalam hal ini ialah bahwa semua itu hanya ada di dalam agama Islam sehingga Islam layak disebut sebagai agama yang berperadaban dan penganutnya adalah manusia-manusia yang berperadaban tinggi (masyarakat madani).Lantas, dari manakah kesan terorisme dan teroris didapatkan? Ataukah stigma seperti itu sengaja dipropagandakan oleh musuh-musuh Islam untuk memojokkannya? Anda tidak perlu berpikir ulang untuk menemukan jawaban yang tepat atas pertanyaan-pertanyaan tersebut setelah membaca buku Ensiklopedi Adab Islam ini.

Selamat membaca!

Bimbingan Islam Untuk pribadi dan Masyarakat

01 Aug 2010

Penyusun : Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu
Penerbit  : Darulhaq
Halaman : xiii + 174 hal. (HC)

bimb-islamBuku ini bertujuan memperbaiki pribadi setiap mus-lim, sehingga bisa melaksanakan Islam dengan sebaik-baiknya. Perbaikan yang dimaksud, adalah sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam al-Qurâ'an dan as-Sunnah sebagaimana yang dipahami oleh para as-Salafush Shalih. Pembahasan buku ini menyentuh hampir semua persoalan prinsip ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari bagi setiap muslim, baik sebagai pribadi maupun masyarakat. Karenanya adalah tepat buku ini oleh penulisnya diberi judul "Bimbingan Islam untuk (mem-perbaiki) Pribadi dan Masyarakat".

Begitu penting dan bermanfaatnya buku ini, se-hingga ia telah diterjemahkan dan dicetak ulang berkali-kali dalam berbagai bahasa dan disebarluaskan di banyak negara; Saudi Arabia, Kuwait, Aljazair, Yordania, Mesir, Lebanon, India, Pakistan dan lain-lain. Dan sekarang giliran Anda bisa mereguk nikmat dan manfaat buku ini.

Selamat membaca!