Cari Artikel

 

Referensi Islam

media

Media Kajian

Sarana belajar Agama Islam melalui video dan audio kajian dari Asatidz Indonesia yang bermanhaj salaf...
 
artikel

E-book Islami

Bahan bacaan penambah wawasan berupa artikel online maupun e-book yang bisa diunduh.
offline

Download

Beberapa bahan bacaan yang dapat dimanfaatkan secara offline....
  • Ahlan Wasahlan

    Selamat datang di Al-Qur'an Sunnah dot com, situs alternatif penyedia informasi Agama Islam yang bermanhaj Salaf, Insya Alloh...
    Jika antum menemukan kesalahan, mohon kiranya untuk mengingatkan kami...
    Kami sampaikan Jazaakumullohukhoiron atas silaturahmi antum wabarokallohufiikum...
    Read More
  • Al-Qur'an ul-Kariim

    Al-qur'an adalah firman Allah Subhaanahuwata'aala. Muncul dari zat-Nya dalam bentuk perkataan yang tidak dapat digambarkan.
    Diturunkan kepada Rasul-Nya dalam bentuk wahyu.
    Orang-orang mukmin mengimaninya dengan keimanan yang sebenar-benarnya. Mereka beriman tanpa keraguan...
    Read More
  • Media Kajian

    Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata,"Karena hati itu diciptakan untuk diketahui kegunaannya...
    maka mengarahkan penggunaan hati (yang benar) adalah (dengan cara menggunakannya untuk) berfikir dan menilai…”.
    Itulah dzikrullah dan tha’atullah, sebagai kunci utama untuk membuka hati seseorang dalam merealisasikan kepuasan hati...
    Read More
  • Haji dan Umrah

    Ibadah haji adalah salah satu kewajiban dan salah satu ibadah yang paling mulia dalam Islam.
    Oleh sebab itu Allah Subhannahu wa Ta'ala menjadikannya sebagai salah satu rukun Islam
    yang dengannya Islam tetap tegak di muka bumi ini....
    Read More
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • cari salaf
    Cari Artikel Salaf
  • arabic pad
    Arabic Keyboard
  • 01
    Audio Kajian
  • 04
    Video Kajian
  • 05
    Al-Qur'an
  • 06
    Download Section

Kumpulan Media Sosial

Pondok Pesantren An-Najiyah

10 Nov 2010

kecil_logo_yayasanPendidikan merupakan hak yang harus diterima oleh segenap lapisan masyarakat. Namun, hal itu bak fatamorgana bagi beberapa kalangan, khususnya kalangan menengah kebawah.

Tujuan pendidikan yang luhur dalam membina pemahaman, karakter, dan keterampilan masyarakat akhir-akhir ini telah bergeser menjadi sebuah ajang bisnis yang menggiurkan. Setiap tahun ajaran berganti selalu diiringi dengan peningkatan biaya untuk mengecap pendidikan. Dampaknya, banyak orang tua yang tidak dapat meneruskan sekolah anaknya kejenjang yang lebih tinggi. Terlebih di tengah kondisi krisis ekonomi yang tak kunjung usai.

Bagi anak-anak yatim_tidak mempunyai ayah yang bertindak sebagai tulang punggung ekonomi keluarga_, harapan untuk tetap bersekolah sangatlah kecil. Biaya yang demikian tinggi membuat kebanyakan dari mereka harus memeras keringat dan membanting tulang. Jangankan bersekolah, terkadang untuk sesuap nasipun harus mereka dapatkan dengan kerja keras.

Alhamdulillah, kami Yayasan An Najiyah Al IslamiyahBandung, turut aktif dalam kegiatan pendidikan dan kegiatan-kegiatan Islami. Salah satu fokus perhatian Yayasan An-Najiyah Islamiyah adalah berupaya agar anak-anak yatim (tidak mempunyai bapak atau Ibu) tetap dapat melanjutkan sekolahnya tanpa dipungut biaya (gratis).

Yayasan An Najiyah Al Islamiyahdidirikan pada tahun 2004 melalui akta notaris Dr. Wiratni, SH No. 31/2004. Diatas Tanah seluas 3300 m2,  yayasan telah berhasil membangun sebuah komplek pendidikan (Ma’had), yang juga diberi nama yang sama dengan nama yayasan yaitu Ma’had An Najiyah Al Islamiyah.

Dengan sumberdaya yang dimiliki oleh aktivis da’wah di Bandung, Yayasan ini juga berupaya tak hanya sekedar memberi pendidikan gratis bagi anak yatim, melainkan pendidikan unggulan yang berbasis kompetensi. Pengajaran tiga bahasa (Arab, Indonesia, Inggris), komputer, ketrampilan kewanitaan, membuat pengetahuan umum mereka tak kalah dibanding siswa lainnya. Selain itu, target hafalan dua (2) juz Al Qur'an per tahun serta materi keagamaan lainnya, membuat siswa diharapkan dekat dengan Al-Qur’an dan memiliki akhlak yang baik. Untuk mewujudkan pendidikan unggulan bagi anak yatim dan fakir miskin ini, Yayasan An Najiyah didukung oleh tenaga-tenaga muda dengan semangat perjuangan tinggi yang berasal dari perguruan tinggi terkemuka seperti ITB, ITENAS, UNPAD, UGM, UPI, STBA Yapari, STIE YPKP, IKOPIN dan lain sebagainya.

Sebagai bentuk komitmen Yayasan An Najiyah Al Islamiyah untuk membantu pemerintah dalam menolong fakir miskin dan yatim, maka fakir miskin yang menyekolahkan anaknya mendapatkan keringanan dalam biaya pendidikan. Sedangkan yatim mendapatkan beasiswa penuh berupa biaya pendidikan, makan, asrama, buku paket, dan fasilitas lainya secara gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun.  Saat ini, 40 persen siswa An-Najiyah adalah anak yatim dan 45 persen lainnya adalah fakir miskin.Yayasan An Najiyah Al Islamiyah beranggapan bahwa anak-anak yatim memiliki hak yang sama dengan anak lainnya. Selain itu terdapat banyak keutamaan pada diri mereka. Alhamdulillah, pada tahun kedua, yayasan telah dapat mewujudkan sedikit bagian dari cita-citanya. Tentu saja untuk dapat terus konsisten melaksanakan hal tersebut, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan banyak pengorban, tenaga, pikiran, dan kesabaran. Walau begitu, kami yakin Allah tetap akan menolong kami.

Sebagaimana sebuah yayasan yang independen dan non partisan, Yayasan An Najiyah Al Islamiyah Bandung haruslah dapat menggali segala sumber potensi yang ada dalam membiayai kegiatan-kegiatannya. Di antara sumber tersebut yang sedang terus diusahakan adalah pencarian donatur dan kegiatan usaha.
Ditengah-tengah mahalnya biaya pendidikan unggulan, kami berharap kehadiran kami akan menjadi penyeimbang bagi timpangnya kualitas pendidikan antara si kaya dan si miskin. Kami berharap agar kerja kami yang berat ini dimudahkan oleh Allah Subhanahuwata'ala. Dan  semoga Allah mengetuk hati kaum muslimin untuk dapat turut membantu amanah yang kami emban ini.

VISI DAN MISI

Yayasan An Najiyah Al Islamiyah didirikan pada tahun 2004 melalui akta notaris Dr. Wiratni, SH No. 31/2004. Diatas Tanah seluas 2850 m2, yayasan telah berhasil membangun sebuah komplek pendidikan (Ma’had), yang juga diberi nama yang sama dengan nama yayasan yaitu Ma’had An Najiyah Al Islamiy.

Ma’had An Najiyah Al Islamiy mempunyai visi “Membentuk generasi berakidah akhlaq Islami unggul dalam sains dan teknologi.” Untuk mewujudkan visinya ini, Yayasan mempunyai misi-misi sebagai berikut:

1. Merancang sekolah unggulan yang Islami dengan biaya yang terangkau oleh semua kalangan.
2. Mencetak kader da’i yang mempunyai kemampuan lifeskill
3. Menjadi lembaga Islam yang profesional
4. Mengembangkan ketrampilan berfikir kritis, sistematis, dan analitis
5. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang tangguh, jujur dan amanah sebagai wujud tanggung jawab seorang muslim.

WEBSITE: http://annajiyah.or.id/

JENJANG PENDIDIKAN

MADRASAH IBTIDAIYAH (SD ISLAM) PLUS AN NAJIYAH

Pendahuluan

Pendidikan adalah tahap yang sangat penting dalam rangkaian pembelajaran seorang anak. Pengalaman persekolahan dan pembelajaran yang berkesan, bermakna dan menggembirakan dapat membekali mereka dengan kecakapan, keyakinan diri dan sikap yang positif untuk memasuki tahap pendidikan dasar dalam rangkaian pendidikan sepanjang hayat.

Madrasah Ibtidaiyah (SD Islam) Plus An-Najiyah didirikan untuk berupaya menjadi salah satu lembaga pendidikan yang berkualitas dan mampu memenuhi harapan tersebut. Insya Allah

Target

  • Hafal 1 Juz Al-Qur’an per tahun
  • Hafal dan terbiasa melaksanakan praktek ibadah sehari-hari
  • Menguasai pelajaran sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
  • Trampil menggunakan komputer (MS Windows dan MS Office)
  • Menguasai kosa kata dan percakapan sederhana dalam bahasa arab dan inggris
  • Hafal hadits Arba’in An Nawawy

Kurikulum

Madrasah Ibtidaiyah (SD Islam) Plus An-Najiyah menggunakan kurikulum yang merupakan modifikasi dari 6 (enam) komponen, yaitu ;

  • Diniyah (Agama Islam)
  • Bahasa
  • Perkembangan kognitif
  • Perkembangan Sosio-emosi
  • Perkembangan Fisikal
  • Perkembangan Kreatifitas dan Estetika

MADRASAH TSANAWIYAH (SMP ISLAM) PLUS AN NAJIYAH

Pendahuluan

Usia SMP merupakan usia permulaan akil baligh, dimana anak sedang berusaha mencari jati diri mereka. Pada usia ini anak sangat rentan terhadap pengaruh lingkungannya. Untuk itulah diperlukan sekali pendidikan yang bisa mengarahkan potensi mereka kepada hal-hal yang baik dan bermanfaat serta membekali mereka dengan ilmu yang bermanfaat agar tidak terpengaruh oleh hal-hal yang membahayakan dien (agama) dan dunia mereka.

Madrasah Tsanawiyah/ SMP Islam Plus An-Najiyah khusus putri didirikan untuk berupaya menjadi salah satu lembaga pendidikan yang berkualitas dan mampu memenuhi harapan tersebut. Insya Allah

Target

  • Hafal 2 Juz Al-Qur’an per tahun
  • Hafal dan terbiasa melaksanakan praktek ibadah sehari-hari
  • Menguasai pelajaran sesuai KTSP
  • Trampil menggunakan komputer (MS Windows, MS Office dan Internet)
  • Menguasai kosa kata sederhana dan percakapan dalam bahasa arab dan inggris
  • Hafal Hadits Arba’in An Nawawy
  • Memiliki keterampilan dasar keputrian (Tata busana & Tata boga)

Kurikulum

Madrasah Tsanawiyah/ SMP Islam Plus An-Najiyah menggunakan kurikulum yang merupakan modifikasi dari 6 (enam) komponen, yaitu ;

  • Diniyah (Agama Islam)
  • Bahasa & komunikasi
  • Sains dan Eksakta
  • Pengetahuan Sosial
  • Perkembangan Jasmani
  • Perkembangan Kreatifitas dan Estetika

MADRASAH ALIYAH KHUSUS PUTRI (BOARDING SCHOOL)

PENDAHULUAN

Usia remaja merupakan usia permulaan akil baligh, dimana anak sedang berusaha mencari jadi diri mereka. Pada usia ini anak sangat rentan terhadap pengaruh lingkungannya. Untuk itulah sangat diperlukan sekali pendidikan yang bisa mengarahkan potensi dan membekali mereka dengan ilmu yang bermanfaat agar tidak terpengaruh oleh hal-hal yang membahayakan dien ( agama ) dan dunia mereka. Madrasah Aliyah An Najiyah khusus putri didirikan untuk berupaya menjadi salah satu lembaga pendidikan yang berkualitas dan mampu memenuhi harapan tersebut. Insya Allah.

TARGET

  1. Hafal 2 juz As Qura’an pertahun
  2. Mampu membaca & Menerjemahkan kitab berbahasa Arab
  3. Menguasai kaidah-kaidah pokok ilmu syar’i sesuai dengan pemahaman Ahlusunnah
  4. Diharapkan mampu berbahasa Arab aktif.
  5. Terampil menggunakan komputer aplikasi.
  6. Menguasai pelajaran sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP )
  7. Memiliki keterampilan keputrian ( Tata Boga & Tata Busana )

KURIKULUM

  1. Diniyah : Akidah, Fiqih (dan ushulnya), Tafsir (dan ushulnya), Hadits (dan ushulnya) dan Siroh.
  2. Bahasa : Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  3. Keterampilan : Tata Busana dan Tata Boga
PENGURUS :

Mudir Ma’had                                           : Beni Sarbeni, Lc
Sekretaris Umum                                       : Abu Muawwidz Rofiq Musta’in
Bendahara                                                 : Reza Meiriadi, SE
Kepala Divisi Pendidikan                           : Abu Umar Wahyu Indra
Kepala Divisi Administrasi                         : Reza Meiriadi, SE
Kepala Divisi Dakwah dan Ta’mir Masjid  : Sutarman
Kepala Sekolah MA Terpadu                      : Taufiq Syamsu Sadikin, ST
Kepala Sekolah MTs Terpadu                     : Rahmad Khairi, S.Si.
Kepala Sekolah MI Terpadu                        : Giyarso, S.Pd
Kepala RA Terpadu                                    : Tuti Mulyawati, SE.

GALERI:

annajiyah-photo

Langganan Artikel

Radio Dakwah

Klik 'tuk 'ndengerin radio

banner_60_150

Video Kajian

Get the Flash Player to see this player.

Keluarkan Playerbox (pop up)

Tamu Online

Saat ini ada 110 tamu online.