A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z #
Dauroh Qatar ke-8


Bookmark

Data

Format Kajian Tematik
Lokasi Campuran / Luar Negeri
Ditambahkan pada Selasa, 28 October 2014
Topik Muamalah
Durasi 0:00
Edisi Tanggal September 2014
Negara Qatar
Label Muamalah
Nomer Katalog 176
Keterangan Lengkap 2014
Tags

Review

Disampaikan oleh  Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, MA dalam Dauroh Qatar ke-8 yang diselenggarakan tanggal 10 sampai 14 September 2014.

Resume tiap kajian:

1. Urgensi Mengenali Harta Haram:
- Sifat Harta sebagai Penopang Kehidupan
- Tawakal terhadap rezeki
- Zakat terhadap harta
- Jangan Lalai terhadap Alloh 'azzawajalla karena harta
- Pertanyaan-pertanyaan: Masalah tidur dan kerja shift, Menghajikan orang tua dan zakat tabungan haji, Menjual emas dengan kredit, Masalah zakat perhiasan, Investasi dengan sukuk di Indonesia, Pinjam uang di bank konvesional untuk biaya pendidikan, Masalah Zakat Profesi; Tabungan, zakat dan inflasi.    
 
2. Dampak Harta Haram Bagi Pribadi dan Masyarakat:
- Ukuran manusia dalam memperoleh harta
- Pentingnya Saling mengingatkan dalam memperoleh harta halal dalam keluarga.
- Contoh salaf dalam memperhatikan harta haram.
- Pengaruh harta haram terhadap kecerdasan anak.
- Kebiasaan jujur dalam mendidik anak.
- Pertanyaan-pertanyaan: Membangun ruko dari harta riba,Menjual system waralaba, Harta haram untuk amal sholeh?, Efek harta profesi pencuri thp keluarga (Hadits bariroh), Masalah harta waris yang sudah meninggal, Suap terhadap polisi karena buru-buru, Masalah membeli emas lewat orang lain dengan kelebihan harga, Membayar kelebihan barang pada saat check in, Kesepakatan kerja dan tambahan kerja lain tanpa mengganggu aktifitas kerja resmi, Penerima zakat tapi merasa bukan yang berhak (dan hadiah), Menjual rumah yang masih dalam cicilan, Menggadaikan kendaraan dan kendaraannya dipergunakan, Penghasilan dan makan dirumah pegawai bank, Denda bank islam karena terlambat membayar yang disampaikan untuk sosial (Mukholafah), Zakat untuk rumah yang niatnya akan dijual?.

3. Fiqh Jual beli - Syarat dan Rukunnya:
- Hukum Jual beli Uang
- Rukun Jual beli
- Syarat Jual Beli
- Mengajarkan anak berbisnis
Pertanyaan-pertanyaan: Donor darah dan jual beli darah, Membeli produk Yahudi, Masalah kredit dan debit card, Kredit rumah melalui bank syariah?, Pinjaman bank di Saudi pengembalian hutang yang diikat dengan makanan pokok, Bolehkah Extended warranty?, Kopi Luwak halalkah?, Assuransi mobil bolehkah? dan gimana mengambil asuransinya? Asuransi syariah?,Menjadi perantara penjual barang, Mengambil bunga bank untuk sodaqoh, Menyumbang lewat bank konvensional, Toko dengan harga sama?, Hukuman bagi pelaku riba?, Pembelian mobil melalui jasa keuangan, Jual beli kelelawar, katak dan kucing, Jual beli bunga dengan harga selangit?, Memberitahukan cacat saat menjual mobil.

4. Solusi Syari Transaksi Haram menjadi Halal:
- Yang menetapkan harga hanya Alloh
- Mengurangi timbangan
Disepakati untuk diperbanyak pertanyaan:
Transaksi LC di perusahaan, Rekening bersama dan biaya administrasi, masalah desain dan hak cipta kualitas KW,Transfer uang dengan rate yang lebih tinggi, Bonus sesuai kontrak tapi tidak bisa mengembalikan saat resign, Meminjam uang dengan ditawarkan saham dari bank, Penjualan tunai dan non-tunai, Mengembalikan penemuan dompet, Perantara penjualan dengan harga lain, Menjual barang berbeda dengan harga pasar, Meggunakan fasilitas perusahaan untuk berbisnis dan isteri bekerja dengan visa pendamping, Menerapkan sunnah tapi dilarang perusahaan.

5. Gharar Harta Haram:
- Review rukun dan syarat jual beli
- Pengertian gharar
- Contoh-contoh kasus jual beli gharar dan hadiah
Pertanyaan-pertanyaan: Pembelian tiket dengan harga yang lebih awal, Membeli padi sebelum matang, Kartu poin di supermarket, Current account (Giro) di bank, masalah menjual pohon saja tanpa tanahnya, Hukum uang tabungan haji, hukum ibu rumah tangga berjualan di Qatar, Jual beli online sebagai perantara. Membeli barang dari orang yang kepepet & laba normal yang Islami dari jual-beli, menjadi sponsor dari bank riba, membebaskan hutang, sayembara hadiah isteri,bagi hasil dari usaha.

6. Riba Harta Haram:
- Hukum asal muamalat adalah boleh
- Review gharar
- Penjelasan riba dan dampak merusaknya
- Alloh 'azzawajalla menghancurkan riba
Pertanyaan-pertanyaan: Praktek bank di Saudi, Membeli rumah dengan KPR dan ditutup dengan pinjaman syariah, Jual beli / pengiriman uang,Membeli tanah karena prediksi naik, Membuka bank konvensional karena diwajibkan, Menukar uang beda negara dan waktu, Bekerja di pabrik khamr,sponsor dari bank riba, Berjualan makanan untuk membantu di Qatar.

7. Solusi  Syari Investasi 1:
- Studi kasus bisnis audience
- Bentuk kerjasama yang syari' dan celah yang harus dikhindari
- Penjelasan Syirkah, Syirkah Inan dan akad syirkah.
Pertanyaan-pertanyaan: Pembagian hasil yang Islami?, masalah waralaba franchise Indomart, Penyertaan modal dengan keuntungan, hukum asuransi prudensial syariah, investasi yang menjanjikan untung saja (investasi bodong), Perdagangan Saham dan obligasi, uang dengan akad riba.

8. Solusi  Syari Investasi 2:
- Lanjutan Penjelasan Syirkah
Pertanyaan-pertanyaan: Masalah usaha dan pembagian untung, Usaha peternakan kambing, Masalah bagi hasil petani dan insinyur pertanian, pemanfaatan uang tiket dan rumah dari perusahaan, riba dalam arisan, berjualan di rumah perusahaan, pertambahan bunga saham mantan pegawai bank, penjualan preorder online, Pembagian hasil usaha sapi.

9. Tanya Jawab:
Penjualan kurma online, menghindari pajak, fee pada royalty waralaba, memilih pengiriman dengan kurs tinggi, reksadana syariah, standar penyewaan untuk maksiat, Investasi di aksamandiri syariah melalui valas, Penjelasan MLM, masalah program BPJS, Membeli saham, Usaha IT untuk membantu bank konvensional, Menjual tanah untuk dibeli lagi, investasi dan asuransi di unitlink, membayar riba dengan bunga riba, sistem waralaba yang syar'i, Tabungan di bank konvensional, asuransi pada tiket pesawat dan nilai yang halal ditarik, taubat dari uang riba, visa family untuk mengajar, Jual beli di masjid, bekerja di bank konvensional, Hutang untuk saudara, beli beras dengan kartu kredit, bagi hasil sapi dan motor, Bisnis usaha di rumah.

 File Makalah beliau:

download btn

Hits 909

Petunjuk Penggunaan Media Player

Untuk menggunakan Playlist Player, ikuti langkah singkat berikut :

  • Pilih kajian yang akan didengarkan dengan mengeklik tombol add Add
  • Pemilihan bisa dilakukan untuk tema kajian maupun penceramah yang berbeda.
  • Jika sudah siap, klik tombol play playdi Playlist Player.
  • Jika antum menghendaki player ditampilkan di jendela baru, klik pop up Show player in popup.

Untuk mendownload file audio klik tombol Download pada file kajian. Jika bermasalah (browser autoplay), klik kanan pada tanda Download  pilih save link as... (Pada firefox) atau Save file as... (pada IE).