Audio Kajian: Sebab-sebab Datangnya Azab

15 Nov 2010
Sesungguhnya azab Allah 'Azzawajalla pasti terjadi. Azab Allah ada 2 macam, yaitu azab di dunia dan azab di akherat. Hanya Allah yang berkuasa untuk mengirimkan azab maupun menghilangkannya. Tidak ada yang dapat menolak azab Allah 'Azzawajalla.

Salah satu dari dosa besar adalah merasa aman terhadap adanya azab Alloh 'Azzawajalla yang menjadikan kita lalai.

Alooh 'Azzawajalla telah memberi peringatan tentang bencana yang datang di malam hari dan waktu dhuha ketika manusia sedang bermain-main, seperti dalam firmannya dalam Surat Al-a'rof:97-99:

7_97

7_98

7_99

 

97. Maka apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di malam hari di waktu mereka sedang tidur?
98. Atau apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di waktu matahari sepenggalahan naik ketika mereka sedang bermain?
99. Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah (yang tidak terduga-duga)? Tiada yang merasa aman dan azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.

Azab tersebut dapat berasal dari dalam bumi atau dari langit firman Alloh subhanahu wata'ala dalam surat Al-Mulk : 16-17 :

 

67_16
67_17



16. Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang (berkuasa) di langit bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu bergoncang?,
17. atau apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang (berkuasa) di langit bahwa Dia akan mengirimkan badai yang berbatu. Maka kelak kamu akan mengetahui bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku?


Simak selengkapnya dalam 2 kajian yang disampaikan Ustadz Lukman Baabduh :

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Download
Download Kajian klik di sini

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Download