Audio Kajian: "Catatan Takdir Penentu Surga Atau Neraka Seseorang"

13 Feb 2011

Hadis riwayat Abdullah bin Masud raidyallohu 'anhu, ia berkata:

TakdirRasulullah shalallohu'alaihiwasallam. sebagai orang yang jujur dan dipercaya bercerita kepada kami: Sesungguhnya setiap individu kamu mengalami proses penciptaan dalam perut ibunya selama empat puluh hari (sebagai nutfah). Kemudian menjadi segumpal darah selama itu juga kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula. Selanjutnya Allah mengutus malaikat untuk meniupkan roh ke dalamnya dan diperintahkan untuk menulis empat perkara yaitu: menentukan rezekinya, ajalnya, amalnya serta apakah ia sebagai orang yang sengsara ataukah orang yang bahagia. Demi Zat yang tiada Tuhan selain Dia, sesungguhnya salah seorang dari kamu telah melakukan amalan penghuni surga sampai ketika jarak antara dia dan surga tinggal hanya sehasta saja namun karena sudah didahului takdir sehingga ia melakukan perbuatan ahli neraka maka masuklah ia ke dalam neraka. Dan sesungguhnya salah seorang di antara kamu telah melakukan perbuatan ahli neraka sampai ketika jarak antara dia dan neraka tinggal hanya sehasta saja namun karena sudah didahului takdir sehingga dia melakukan perbuatan ahli surga maka masuklah dia ke dalam surga. (Shahih Muslim No.4781)

Betapa Takdir Allah tidak dapat dirubah, kecuali dengan Amalan dan Doa yang mengharapkan Ridha Allah Subhaanahuwata'aala semata.

Karena itu, marilah kita semua kembali bersimpuh dihadapan Allah Subhaanahuwata'aala semata, memohon ke-ridha-an dari-NYA semata atas segala amal ibadah kita selama ini maupun yang akan datang. Dan senantiasa berharap agar kiranya diri kita termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung di dunia dan di akhirat serta mati dalam keadaan baik (Husnul Khatimah).... Aamiin...

Lalu, bagaimana kita menafsirkan hadits sahih di atas? ikuti kajian berikut ini:

Program Acara : Kajian Pilihan Asatidz Medan
Tema Kajian : Catatan Takdir Penentu Surga Atau Neraka Seseorang
Pemateri : Ustadz Nurdin Al Bukhori

download-audio

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Download