Ulama adalah Pewaris Para Nabi

“Allah meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu di antara kalian beberapa derajat, dan Dialah yang Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadilah:11)
Biografi Ulama Fatwa-fatwa Ulama Ulama Ahlul Hadits

Beliau adalah yang mulia asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Abdurrahman bin Muhammad bin Abdullah bin Baz rohimahullah. Dilahirkan di kota Riyadh, pada tanggal 12 Dzulhijjah tahun 1330 H di tengah keluarga yang mayoritasnya dikenal sebagai para penuntut ilmu.

Penglihatan Samahah asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz rohimahullah ketika masih kecil normal, namun baru pada tahun 1336 H beliau mengalami gangguan pada kedua matanya sehingga penglihatannya kurang baik dan kemudian sama sekali tidak dapat melihat pada permulaan bulan Muharram tahun 1350 H.

Beliau tumbuh di bawah naungan tarbiyah agama yang mengutamakan Kitabullah dan Sunnah NabiNya shollallaahu’alaihi wasallam dan di bawah gemblengan sebagian tokoh panutan keluarga. Al-Qur’an adalah nur yang menerangi hidup beliau dimana pada permulaan langkahnya menuntut ilmu dibarengi dengan menghafal Kitabullah sehingga ketika masih kecil dan belum mencapai usia baligh, beliau sudah menghafalnya di luar kepala.


Beliau mentransfer ilmu-ilmu syar’i dari para ulama besar di Riyadh seperti Syaikh Muhammad bin Abdul Lathif Ali Syaikh, Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Ali Syaikh, Syaikh Sa’d bin Atiq, Syaikh Hamad bin Faris, Syaikh Sa’d bin Waqqash al-Bukhari dan Syaikh Muhammad bin Ibrahim Ali Syaikh n. Beliau terus menuntut ilmu hingga menempati posisi yang menonjol di kalangan para ulama.

Perjalanan Syaikh rohimahullah di dalam menuntut ilmu dan menyumbangkannya dilalui secara bertahap pada beberapa posisi utama dimana di sana beliau merupakan panutannya dan mendapatkan banyak pengalaman yang menambah bagi kepribadian beliau, jangkauan yang lebih universal.

Beliau rohimahullah bekerja sebagai qadhi (Hakim) di daerah al-Kharaj mulai bulan Jumadal Akhirah tahun 1357 H dan terus dipegang hingga akhir tahun 1371 H. Pada tahun 1372 H, beliau menjadi pengajar di al-Ma’had al-’Ilmi di Riyadh selama satu tahun, lalu setelah itu pada tahun 1373 beralih mengajarkan materi ilmu fiqh, tauhid dan hadits pada kuliah Syariah di Riyadh dan berlanjut selama tujuh tahun sejak berdirinya hingga tahun 1380 H.

Pada tahun 1382 H, beliau dilantik menjadi wakil rektor Universitas Islam Madinah (PUREK I) hingga tahun 1390 H, untuk selanjutnya pada tahun itu juga menjadi rektornya hingga tahun 1395 H.

Pada tanggal 14 Syawwal tahun 1395 H, turunlah SK kerajaan untuk menunjuk beliau sebagai ketua umum Lajnah Da’imah, setingkat menteri.

Dan pada bulan Muharram tahun 1414 H, beliau dilantik sebagai Mufti ‘Am kerajaan Arab Saudi dan kepala Badan Ulama Besar (Hai’ah Kibar al-’Ulama) dan Lajnah Da’imah, setingkat menteri, hingga beliau wafat -semoga Allah merahmati beliau dan menempatkannya pada surgaNya nan luas-.

Beliau juga mengepalai, sekaligus menjadi anggota pada berbagai majlis dan lembaga ilmiah serta keislaman, di antaranya sebagai kepala Badan Ulama Besar, kepala badan pendiri Rabithah ‘Alam Islami, kepala Dewan Tinggi Internasional untuk urusan Masjid, kepala Lembaga Fiqh Islam (al-Mujamma’ al-Fiqh al-Islami) yang ber-markas di kota Mekkah al-Mukarramah, anggota Dewan Tinggi Universitas Islam Madinah, anggota Badan Tinggi Urusan Dakwah Islamiyyah, anggota Dewan Konsultan Seminar Internasional Para Pemuda Islam (WAMY) dan banyak lagi majlis-majlis dan lembaga-lembaga keislaman lainnya.

Beliau juga sering sekali menjadi ketua di dalam seminar-seminar internasional yang diselenggarakan di kerajaan Arab Saudi dimana hal ini memudahkan jalan bagi beliau untuk melakukan kontak dan saling bertukar pandangan dengan kebanyakan da’i dan ulama Islam dari pelbagai belahan dunia.

Meskipun demikian banyak dan bervariasinya tanggung jawab yang harus beliau emban, namun beliau tidak pernah lupa akan peran beliau sebagai seorang ulama dan da’i, buktinya, beliau tetap sempat menelurkan karya-karya tulisan dan buku-buku, di antaranya:

  • الفوائد الجلية في المباحث الفرضية
  • التحقيق والإيضاح لكثير من مسائل الحج والعمرة والزيارة
  • التحذير من البدع
  • العقيدة الموجزة وما يضادها
  • وجوب العمل بسنة الرسول صلى الله عليه وسلم
  • الدعوة إلى الله وأخلاق الدعاة
  • وجوب تحكيم شرع الله ونبذ ما خالفه
  • حكم السفور والحجاب ونكاح الشغار
  • الشيخ محمد بن عبد الوهاب؛ دعوته وسيرته
  • ثلاث رسائل في الصلاة
  • حكم الإسلام فيمن طعن في القرآن أو في رسول الله صلى الله عليه وسلم
  • إقامة البراهين على حكم من استعان بغير الله أو صدق الكهنة والعرافين
  • الجهاد في سبيل الله
  • الدروس المهمة لعامة الأمة
  • وجوب لزوم السنة والحذر من البدعة
  • Dua risalah ringkas seputar zakat dan puasa
  • Anotasi Penting Terhadap Kitab Fath al-Bari (Syarah Shahih al-Bukhari)
  • Fatwa-fatwa yang berkenaan dengan hukum-hukum seputar haji, umrah dan ziarah kubur
  • Dan banyak lagi yang lainnya berupa fatwa-fatwa dan risalah-risalah.

 

Samahah asy-Syaikh Ibnu Baz juga memiliki kegiatan-kegiatan yang padat di medan dakwah kepada Allah dan konsern terhadap urusan kaum Muslimin, di antaranya; sumbangan beliau kepada beberapa lembaga dan Islamic Center yang tersebar di ber-bagai penjuru dunia dan perhatian beliau yang serius terhadap diskursus seputar tauhid dan kemurniannya serta berbagai kerancuan di dalam urusan agama yang menggerogoti kaum Muslimin.

Beliau memberikan perhatian secara khusus terhadap pengajaran al-Qur’an al-Karim dan penghafalannya serta dorongan kepada lembaga-lembaga Kebajikan Untuk Penghafalan al-Qur’an al-Karim agar melipat-gandakan kerja keras mereka di bidang ini.

Di samping itu, beliau juga sangat konsern terhadap hal ihwal kaum Muslimin di berbagai penjuru dunia dan antusias sekali untuk dapat memecahkan problematika mereka, mencari solusinya, berpihak kepada problematika-problematika mereka tersebut serta mendukungnya.

Beliau memberikan kajian-kajian keislaman dan ceramah-ceramah yang menanamkan konsep-konsep Islam yang benar ke dalam jiwa kaum Muslimin, sebagaimana beliau juga banyak sekali tampil di berbagai mass media untuk berdakwah, memberikan penyuluhan dan berfatwa. Selain itu, beliau juga banyak sekali menulis artikel-artikel di majalah al-Buhuts al-Islamiyyah (Studi-studi Keislaman).

Pada tahun 1402 H, Mu’assasah al-Malik Faishal al-Khairiyyah (King Faisal Foundation) menganugerahkan penghargaan Raja Faisal Internasional untuk kategori pengabdian terhadap Islam kepada beliau atas jasa yang sangat menonjol yang telah dilakukan oleh beliau.