ulama

Syaikh Shalih Al-Fauzan hafidzahullah

07 Jan 2009
Beliau adalah Shalih bin Fauzan bin Abdullah al-Fauzan, salah seorang anggota Badan Ulama besar (Hai’ah Kibar al-’Ulama), anggota al-Lajnah ad-Da’imah Li al-Buhuts al-’Ilmiyyah Wa al-Ifta’ (Lembaga Tetap Pengkajian Ilmiah dan Penggodokan Fatwa) serta imam dan khatib Masjid Raya Emir Mut’ib bin Abdul Aziz di Riyadh. Di antara jabatan yang pernah beliau pegang adalah sebagai direktur Ma’had ‘Ali (Per-guruan Tinggi) Peradilan.

Beliau belajar kepada banyak ulama, di antaranya yang paling terkenal adalah Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Syaikh Muhammad al-Amin asy-Syinqithi dan Syaikh Shalih al-Bulaihi.

Beliau memiliki andil yang besar di dalam berdakwah kepada Allah di hampir semua lini kehidupan; pengajaran, fatwa, khutbah, tanggapan-tanggapan ilmiah terhadap beberapa permasalahan dan artikel-artikel yang beragam di berbagai majalah Islam.

Karya-Karya Tulisnya
Di antara karya-karya tulis beliau adalah:
  • شرح العقيدة الواسطية
  • الملخص الفقهي (dua jilid)
  • التحقيقات المرضية في المباحث الفرضية
  • تنبيهات على أحكام تختص بالمؤمنات
  • Tanggapan terhadap kitab السلفية ليست مذهبا karya al-Buthi
  • من مشاهير المجددين في الإسلام؛ شيخ الإسلام ابن تيمية وشيخ الإسلام محمد بن عبد الوهاب
Dan banyak lagi karya-karya tulis lain yang bermanfaat.

Di samping itu, beliau juga masih aktif menjawab berbagai pertanyaan dari para pendengar dalam program ‘Nur ‘Ala ad-Darb’ (pada sebuah stasiun Radio di Jeddah, yaitu Radio ‘al-Qur’an al-Karim’-penj).

Semoga Allah menjadikan beliau dan ilmu yang disumbangkan bermanfaat bagi dien Islam dan kaum Muslimin dan membalas beliau atas jasa terhadap mereka sebaik-baik balasan dan secukup-cukupnya, sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Mahadekat lagi Maha Mengabulkan doa.