Niatilah untuk Menuntut Ilmu Syar'i

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah akan memahamkan dia dalam urusan agamanya.”
(HR. Bukhari no. 71 dan Muslim no. 2436)
E-book Islam Resensi Buku Islam Penerbit Buku
Penulis : Mubarak bin Mahfudh Bamuallim, Lc
Penerbit  : Pustaka Imam Syafii
Deskripsi : XXIII + 341 halaman B/W

"Haji mabrur, tidak ada balasan yang pantas baginya selain Surga." (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349).

Buku ini membantu siap saja yang ingin mengerjakan ibadah haji dengan benar sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wasallam.

manasikDemikianlah kutipan sabda Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wasallam. Haji seseorang dikatakan mabrur atau maqbul apabila ia melaksanakannya sesuai dengan petunjuk Nabi Shallallaahu 'Alaihi Wasallam. Pertanyaannya, berapa banyak kaum Muslimin yang telah diberikan kesempatan menunaikan haji mengindahkannya? Mungkinkah kita akan meraih Surga-Nya apabila kita mempraktikkan ibadah ini tanpa memahami hakikatnya? Mengerti tata caranya? Sungguh, tidak sedikit umat Islam yang belum mengetahui hal ini, termasuk mereka yang setiaptahunnya pergi ke Tanah Suci, Makkah al-Mukar-ramah, baik untuk melaksanakan kewajiban agung ini maupun sekadar mengerjakan umrah.

Di dalamnya dijelaskan keutamaan haji dan umrah beserta dalil-dalilnya ; menerangkan tata cara haji Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wasallam berdasarkan riwayat Jabir bin ‘Abdullah; mengutip nasihat dan bimbingan tiga ulama besar abad ke-1415 H, yakni Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz, Muhammad Nashiruddin al-Albani, dan Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin; menjabarkan riwayat-riwayat yang menegaskan keutamaan Madinah an-Nabawiyyah; menyebutkan macam-macam kesabaran dalam ibadah haji dan umrah; mengupas berbagai bid’ah dan kekeliruan seputarhaji dan umrah serta yang kerap terjadi ketika jamaah haji mengunjungi kota Nabi Shallallaahu 'Alaihi Wasallam dan tidak lupa pula penulis melampirkan pada beberapa halaman terakhir, berbagai do’a dari al-Qur-an dan as-Sunnah guna memudahkan siapa saja yang sedang menunaikan haji, yang ingin mempraktikkannya.

Keistimewaan lain dari buku ini adalah terletak pada bentuknya yang mungil sehingga mudah dibawa ke mana saja.